Langsung ke konten utama

Apa sih Narkoba Itu?

Drugs Is DANGEROUS   Hasil gambar untuk narkoba berbahaya

   Pengertian narkoba oleh kementerian kesehatan diartikan sebagai NAPZA. Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif. Narkoba dapat menyebabkan ketagihan, terganggu pada bagian saraf dan atau mampu tidak sadarkan diri.

   Pengertian Narkotika secara umum adalah obat-obatan yang mampu membius. Dengan kata lain, narkotika adalah obat-obatan yang mampu menggangu sistem kerja saraf tubuh untuk tidak merasakan sakit atau rangsangan. Narkotika pada awalnya ada tiga yang terbuat dari bahan organik yaitu Candu (Papaper Somniferum), kokain (Erythroxyion coca) dan ganja (Cannabis sativa). Sekarang narkoba jenis narkotika adalah Opium atau Opioid atau Opiat atau Candu, Codein, Methadone (MTD), LSD, PC, mescalin, barbiturat, demerol, petidin, dan lainnya.

   Sebenarnya narkoba itu adalah obat yang biasanya kita konsumsi saat sedang sakit, tapi mengapa Kita diperbolehkan mengkonsumsinya saat sedang sakit? - Karena saat kita mengkonsumsinya ada resep dari dokter dan penggunaannya pun harus sesuai dosisnya. Tapi harus diingat Kita tidak boleh menyalahgunakannya, karena jika kita menyalahgunakan obat obatan tersebut akibatnya akan FATAL!

Setelah Mengetahui apa itu NArkoba Mari Kita lihat contoh - contohnya Narkotika :

1. Morfin    

Hasil gambar untuk morfin











Morfin berasal dari kata morpheus ( dewa mimpi ) adalah alkaloid analgesik yang sangat kuat yang ditemukan pada opium. Zat ini bekerja langsung pada sistem saraf pusat sebagai penghilang rasa sakit.
Cara Penggunaan :
Cara penggunaannya adalah dengan disuntikkan ke otot atau pembuluh darah.
Gejala fisik pengguna :
  • Pupil mata menyempit
  • Melambatnya denyut nadi
  • Tekanan darah menurun
  • Suhu badan menurun
Efek samping pemakaian :
  • Menurunnya kesadaran pengguna
  • Menimbulkan euforia
  • Kebingungan
  • Berkeringat
  • Dapat menyebabkan pingsan, dan jantung berdebar-debar
  • Menimbulkan gelisah, dan perubahan suasana hati
  • Mengalami kejang lambung

2. Ganja

Hasil gambar untuk Ganja
Hasil gambar untuk Ganja
  


   





Ganja adalah tumbuhan budidaya penghasil serat, namun lebih dikenal sebagai obat psikotropika karena adanya kandungan zat tetrahidrokanabinol yang dapat membuat pemakainya mengalami euforia. Tanaman ganja biasanya dibuat menjadi rokok mariyuana.

Cara Penggunaan:
Cara penggunaan narkotika jenis ini adalah dengan cara dipadatkan menyerupai rokok lalu dihisap.
Gejala Fisik
  1. Jantung berdebar
  2. Bola mata kemerahan, karena pembuluh darah kapiler pada bola mata melebar
  3. Nafsu makan bertambah, karena THC ganja merangsang pusat nafsu makan di otak
  4. Mulut kering, karena THC mengganggu system syaraf otonom yang mengendalikan kelenjar air liur
Gejala psikis
  1. Hilaritas (kegaduhan)
  2. Perasaan tertekan
  3. Halusinasi, yaitu adanya tanggapan pancaindera tanpa adanya ransangan, misalnya melihat orang lewat atau mendengar suara, tanpa ada orang lewat atau tanpa suara
  4. Euphoria/rasa gembira berlebihan dan tertawa terbahak-bahak
  5. Perubahan persepsi tentang ruang dan waktu (1 meter dipersepsi 10 meter, 10 menit dipersepsi 1 jam)
  6. Berkurangnya kemampuan koordinasi, pertimbangan dan daya ingat
  7. Meningkatnya kepekaan visual dan pendengaran
  8. Agresif
  9. Banyak bicara dan merasa pembicaraan itu hebat
  10. Merasa bahwa penampilan dirinya keren walaupun kenyataannya sebaliknya
  11. Gangguan persepsi tentang waktu dan ruang : 1 menit dirasa 5 menit, 1m serasa 50 meter

Pemakaian ganja secara terus menerus dalam dosis yang cukup tinggi akan menimbulkan dampak:
Dampak Fisik
  1. Bronchitis dan radang paru-paru dan iritasi serta pembebngkakan saluran nafas
  2. Perubahan dankerusakan sel-sel otak dan menurunnya daya kerja otak
  3. Memperburuk aliran darah koroner
  4. Menekan produksi leukocit
  5. Menurunkan kadar hormon pertumbuhan dan hormon kelamin baik laki-laki maupun perempuan
  6. Menimbulkan penyakit kanker (karsinogen ganjanlebih tingi dari pada tembakau)
  7. Menurunkan kelincahan bergerak
Dampak psikis
  1. Menurunnya semangat, timbulnya gejala amotivasional
  2. Menurunya kemampuan baca dan menghitung
  3. Menurunnya kemampuan bergaul/sosiabilitas
  4. Apatis/menurunnya perhatian terhadap lingkungan
  5. Memicu terjadinya gannguan jiwa/piskosis seperti gangguan jiwa skizofernia, yaitu gangguan menilai kenyataan dan pemahaman diri

3. Heroin 

Hasil gambar untuk heroin

Heroin merupakan salah satu obat-obatan terlarang dan tentunya ilegal,heroin biasanya berbentuk pil atau bubuk bahkan juga ada yang berbentuk cairan yang memungkinkan untuk dimasukkan ke pengguna melalui jarum suntik. heroin juga berasal dari tumbuhan yang mirip dengan marijuana maupun ganja.
Lihat penjelasan dibawah.
Heroin berasal dari opium poppy, bunga yang tumbuh di Asia, Meksiko, dan Amerika Selatan. Heroin murni adalah bubuk putih yang mempunyai efek yang benar buruk. Beberapa heroin berwarna coklat gelap, dan hitam .

Heroin termasuk dalam kelompok obat penghilang rasa sakit yang disebut narkotika. Meskipun narkotika tertentu seperti kokain dan morfin adalah legal jika ditentukan (diberikan) oleh dokter untuk mengobati nyeri, atau rasa sakit seperti ketika seseorang yang akan operasi atau patah tulang,biasanya dokter akan lebih cenderung menggunakan morfin daripada kokain, heroin merupakan narkotika ilegal karena memiliki efek samping yang berbahaya dan merupakan zat adiktif.

Heroin biasanya disuntikkan atau di hisap melalui rokok. bentuk asli heroin biasanya adalah serbuk.
Heroin memberikan efek gemetar dan fertigo yang hebat, dan pengguna merasa tidak nyaman. Ini juga bisa diikuti oleh rasa kantuk dan rasa sakit perut.


4. Kokain

Hasil gambar untuk kokain

Kokain merupakan berasal dari tanaman Erythroxylon coca di Amerika Selatan. Biasanya daun tanaman ini dimanfaatkan untuk mendapatkan efek stimulan, yaitu dengan cara dikunyah. Kokain dapat memicu metabolisme sel menjadi sangat cepat.
Kokain mempunyai 2 bentuk, yakni :
  • Kokain hidroklorida, berupa kristal berwarna putih, rasanya sedikit pahit, serta bersifat mudah larut.
  • Kokain free base, ia tidak berbau dan rasanya pahit.
Cara Pemakaian
Cara pemakaian kokain adalah dengan cara dihirup atau sebagai bahan campuran rokok.

Diatas hanyalah beberapa contoh dari Narkotika sebenarnya contoh dari narkotika masih banyak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wawancara Lingkungan

Wawancara Tentang Lingkungan Dalam Bahasa Jawa Narasumber  : Ibu Nur Naimah Pewawancara: Anastasya Yuni Ananda/05 , Cania Asfiana P/09 Cania             : Sugeng enjing bu , Kula bade nyuwun waktune damel enten       wawancara tentang lingkungan bersih. Narasumber : O ngge monggo Anastasya     : Nopo pendapat panjenengan menawi lingkungan ing   pawiyatan? Narasumber : Lingkungane wes resik amarga ana tukang kebun tapi kelase tasek rusu. Cania                      : Miturut panjenengan penting nopo mboten njaga lingkungan lan nopo alasan ? Narasumber : Penting banget amarga kebersihan uga pengaruh marang kesehatan. Anastasya     : Miturut panjenengan program nopo kang bisa di tumindakake? Narasumber : Program sing bisa di laksanakake yaiku program jum’at bersih lan bank sampah ing tpa sekolahan. Cania             : Sinten mung berperan ing kebersihan sekolah? Narasumber : Kabeh warga sekolah . Anastasya     : Dospundi carane nyadarake para warga sekolah? N

Resensi Dan Sinopsis Novel Koala Kumal

Sinopsisi Dan Resensi Novel Koala Kumal, Lengkap Dengan Unsur Intrinsik Sinopsis Novel Koala Kumal – Siapa yang tidak kenal raditya dika ? seorang penulis, pemain film, dan salah satu pencetus stand up comedy. karyanya yang satu ini sangat fenomenal di tahun 2015. Dengan gaya penulisan yang khas serta tema dan amanat yang ada dalam ceritanya sangat mengena.  Indramayu Remaja Dalam artikel ini akan dibahas tentang secara padat tentang sinopsis novel koala kumal dan unsur intrinsik di dalam novel tersebut secara lengkap. Baiklah langsung saja simak sinopsis novel koala kumal. Identitas Novel Koala Kumal lapakmedancom Judul : Koala Kumal Pengarang : Raditya Dika Tanggal terbit : jakarta, 17-januari-2015 Cetakan ke : Dua Penerbit : Gagas Media Harga : Rp. 59.500 Tebal halaman : 247 halaman Banyak Bab : 13 Resensi Novel Kuala Kumal 21cineplex.com Suatu ketika ada seorang pria yang bernama dika, dia memiliki pacar yang bernama andrea. Sebentar lagi Dika dan An

Contoh teks ulasan , Ayah karya Andrea Hirata

Identitas                    : Novel Ayah Judul                         : Ayah Penulis                       : Andrea Hirata Penerbit                     : Bentang Kota Tempat Terbit  : Jl Plemburan No.1    Pogung Lor, Sleman, Yogyakarta Tahun Terbit              : Cetakan 4, 2015 Tebal halaman           : 392 halaman Perjuangan Sabari     Ayah adalah salah satu nove karya Andrea Hirata (karya ke 9). Novel ini menceritakan tentang perjuanga Sabari dalam memikat hati cinta pertamanya dan juga kerinduannya pada anak angkatnya Zorro. Tokoh lainnya yakni Marlena, Zorro,  Markoni, Ukun, Tamat, Toharun. Ada tokoh lain seperti Bogel leboy, Manikam, dan Jon Pijareli.     Singkat cerita, kisah ini terjadi di Belantik, Belitong Timur. Cerita ini dimulai ketika Sabari, Ukun, Tamat hendak mengikuti tes masuk SMA Negeri. Saat Sabari sudah selesai menjawab soal tes Marlena menconteknya dan pada saat itu Sabari mulai jatuh cinta pada sosok Marlena.     Dan cerita i