Cania Asfiana Pratiwi/09/8D
Tema 4
Soal
|
Jawaban
|
1. Kedatangan para penjajah ke
Indonesia tidak hanya membawa dampak negative tapi ada juga beberapa dampak
positif dari kedatangan para penjajah tersebut. Sebutkan perubahan yang
dialami masyarakat pada masa penjajahan bangsa barat!
|
-
Perluasan
penggunaan lahan
-
Persebaran
penduduk dan urbanisasi
-
Pengenalan
tanaman baru
-
Penemuan
tambang tambang
-
Transportasi
dan komunikasi
-
Perkembangan
kegiatan ekonomi
-
Mengenal
uang
-
Perubahan
dalam aspek budaya
|
2.
Sebutkan salah satu bukti perluasan
penggunaan lahan di Indonesia dimulai sejak jaman penjajahan !
|
-
Perkebunan di Sumatra. Walau sejak dulu
sudah ada tetapi perluasan perkebunan ini dipengaruhi oleh kedatangan
penjajah ke Indonesia.
|
3.
Apa tujuan utama persebaran penduduk
pada masa penjajahan ?
|
-
Tujuan utama persebaran penduduk pada masa
penjajahan adalah untuk menyebarkan tenaga murah di berbagai perkebunan
Sumatra dan Kalimantan.
|
4.
Jelaskan maksud dari perubahan
masyarakat dalam aspek pengenalan tanaman baru !
|
-
Pengaruh pemerintahan colonial barat dalam
satu sisi memiliki dampak positif dalam mengenalkan berbagai tanamandan
teknologi dalam pertanian dan perkebunan. Beberapa tanaman andalan ekspor
dikenalkan dan dikembangkan di Indonesia seperti buah kakao. Pengenalan
tanaman baru sangat bermanfaat dalam pengembangan pertanian dan perkebunan di
Indonesia.
|
5.
Jelaskan maksud dari perubahan
masyarakat dari aspek transortasi dan komunikasi !
|
-
Pada masa penjajahan Belanda banyak
dibangun jalan raya, rel kereta api dan jaringan telepon, untuk memudahkan
moblitas barang dengan cepat. Salah satunya pembangunan jalur Anyer Panarukan
pada masa pemerintahan Daendels.
|
6.
Sebutkan masa masa sejarah sebelum
uang di Indonesia !
|
-
Masa sebelum barter
-
Masa barter
-
Masa uang barang
-
Masa uang
-
Masa system kredit
|
7.
Bagaimana contoh system barter/prosesnya?
|
-
Pada masa barter, manusia sudah membutuhkan
pihak lain untuk memenuhi kebutuhannya contoh peristiwa barter adalah,
misalnya seseorang memiliki the tapi tidak punya gula, sementara orang lain
memiliki gula tapi tidak memiliki the, maka terjadilah pertukaran.
|
8.
Apa saja kendala dari sistim barter?
|
-
Kesulitan menemukan barang yang
dibutuhkan
-
Kesulitan menentukan nilai dari
barang yang ditukarkan
-
Kesulitan memenuhi kebutuhan yang bermacam
macam
|
9.
Jelaskan jalur penyebaran agama
Kristen dari india ke Nusantara !
|
-
Agama Kristen diperkirakan telah sampai di
Indonesia sejak zaman kuno melalui jalur pelayaran. Menurut Cosmas
Indicopleustes dalam bukunya Topographica Christiana, bahwa pada abad ke-6
sudah ada komunitas Kristiani di India Selatan, di Pantai Malabar dan Sri
lanka. Dari Malabar agama Kristen menyebar ke berbagai daerah. Pada tahun 650
Agama Kristen sudah mulai berkemang di Kedah ( di semenanjung Malaya ) dan
sekitarnya. Pada abad ke-9 Kedah berkembang menjadi pelabuhan dagang yang
sangat ramai di jalur pelayaran yang menghubungkan India – Aceh – Barus –
Nias melalui selat Sunda – Laut Jawa dan terus ke Cina. Jalur inilah yang
disebut sebagai jalur penyebaran Agama Kristen dari India ke Nusantara.
|
10.
Sebutkan bangunan bangunan
peninggalan Kolonial di daerah sekitarmu !
|
-
Wisma tumapel, Ijen Boulevard, Balai
Kota Malang, GPIB, Toko Oen, Sma Negeri Tugu.
|
11.
Apa itu propaganda yang bersemboyan “Tiga A“
|
-
Jepang Pemimpin Asia
-
Jepang Pelindung Asia
-
Jepang Cahaya Asia
|
12.
Jepang melakukan beberapa kebijakan terhadap
Indonesia, sebutkan beberapa kebijakan tersebut !
|
-
Membentuk organisasi – organisasi
sosial
-
Pembentukan Organisasi semi militer
-
Pengerahan Romusha
-
Ekploitasi kekayaan alam
|
13.
Sebutkan organisasi organisasi sosial yang
dibentuk Jepang !
|
-
Gerakan 3 A
-
Pusat Tenaga Rakyat
-
Jawa Hokokai
-
Masyumi
|
14.
Apa tujuan organisasi Gerakan 3 A?
|
-
Gerakan yang dipimpin oleh Mr. Syamsuddin
memiliki tujuan untuk meraih simpati penduduk dan tokoh masyarakat sekitar.
|
15.
Apa itu fujinkai ?
|
-
Fujinkai merupakan himpunan kaum wanita di
atas 15 tahun untuk latihan semi militer Keibodan merupakan barisan pembantu
polisi, untuk laki – laki berumur 20 – 25 tahun.
|
16.
Apa itu Heiho?
|
-
Heiho didirakan pada tahun 1943, merupakan
organisasi prajurit pembantu tentara Jepang.
|
17.
Jelaskan pengerahan Romusha?
|
-
Jepang melakukan rekrutmen anggota Romusha
yang bertujuan untuk mencari bantuan tenaga yang lebih besar untuk membantu
tenaga yg lebih besar untuk membantu perang dan melancarkan aktivitas Jepang.
Anggota romusha dikerahkan Jepang untuk membangun jalan, kubu pertahanan, rel
kereta api, dsb.
|
18.
Sebutkan perubahan masyarakat Indonesia pada
Masa penjajahan Jepang!
|
-
Bangsa Indonesia dikuasai Jepang
-
Kebijakan pemerintah Militer Jepang
-
Strategi kaum pergerakan kemerdekaan
-
Eksploitasi SDM & SDA
-
Kemunduran dalam bidang ekonomi
-
Kondisi pendidikan masyarakat
-
Pemaksaan budaya jepang
-
Kemerdekaan Indonesia
|
19.
Bagaimana kondisi pendidikan masyarakat pada
masa colonial Jepang?
|
-
Kondisinya menurun mislnya, sekolah dasar
menurun dari 21.500 menjadi 13.500 buah. Sekolah lanjutan menurun dari 850
menjadi 20 buah.
|
20.
Apa yang Kolonial Jepang Inginkan dari hasil
menjajah Indonesia ?
|
-
Eksploitasi kekayaan
-
SDM murah
-
Kewilayahan Indonesia dan masih
banyak lagi
|
Komentar
Posting Komentar