Langsung ke konten utama

Cara Membuat Gulali Pasir

Silakan Di Simak :v






Cara Membuat Gulali Gula Pasir Sederhana


Sipendik.com – Salah satu makanan saat kecil yang masih melegenda hingga sekarang salah satunya adalah gulali. Gulali merupakan hasil olahan berbahan dasar gula yang selanjutnya diberi bahan pewarna makanan dan bahan pelengkap lainnya. Bentuk dan warnanya sangat beragam, tidak heran jika makanan ini mampu membuat siapa saja yang melihat tergoda untuk mencicipinya. Gulali sangat sering kita jumpai di pasar malam dan tempat – tempat keramaian. Saat ini gulali dibuat dengan berbagai macam variasi seperti gulali rambut nenek, gulali arum manis, gulali kacang, gulali gula pasir, gulali aneka rasa, dan masih banyak lagi. Bentuknya pun kini sangat banyak macamnya mulai dari gulali menyerupai kapas dan berbentuk lonjong, bentuk bunga, bintang, dan lain sebagainya. Warna yang disajikan juga sangat menarik, umumnya gulali menggunakan pewarna makanan dengan perpaduan warna – warna yang terang. Jika Anda merasa kesulitan untuk mendapatkan gulali, Anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Untuk menciptakan gulali lezat dan menarik ternyata sangatlah mudah. Kali ini sipendikakan memberikan rahasia resep dan cara membuat gulali gula pasir sederhana yang bisa Anda coba di rumah. Langsung saja kita simak ulasan cara membuat gulali berikut ini.

Bahan – bahan yang dibutuhkan untuk membuat gulali :
  • Gula pasir 800 gram atau 4 cangkir
  • Sirup jagung 40 ml atau 1 cangkir
  • Air bersih 40 ml atau 1 cangkir
  • Garam halus ¼ sendok makan
  • Ekstrak rasberi 1 sendok makan atau 5 ml
  • Pewarna makanan atau pasta warna merah muda
Alat – alat yang dibutuhkan untuk membuat gulali :
  • Cangkir
  • Panci berukuran besar
  • Gelas ukur
  • Termometer permen
  • Sodet
  • Kertas
  • Stik lolipop
Langkah – langkah untuk membuat gulali :
  1. Siapkan panci berukuran besar, masukkan gula pasir, sirup jagung, garam halus, dan air. Masak atau rebus dengan menggunakan api sedang. Aduk – aduk sampai semua bahan larut. Rebus sampai mendidih lalu angkat. Sebaiknya gunakan kuas pastry untuk membasuh bagian sisi dalam panci untuk menghindari terbentuknya kristal gula.
  2. Panaskan kembali larutan gula pada suhu 160 derajat celcius, ukur menggunakan termometer permen. Selanjutnya tuangkan adonan panas ke dalam wadah yang memiliki bentuk tidak terlalu dalam dan tahan panas. Masukkan ekstrak rasberi dan pewarna makanan, aduk – aduk sampai merata.
  3. Letakkan kertas di meja atau bisa juga di lantai
  4. Mulailah untuk memutar gula dengan menggunakan stik lolipop. Kemudian celupkan sodet ke dalam larutan gula angkat lalu tahan di atas panci agar gula menetes ( sekitar 2 detik ). Selanjutnya tahan larutan gula di atas kertas sekitar 30 cm di atas kertas. Ayunkan sodet ke depan dan belakang agar terbentuk untaian gula yang tipis. Ulangi beberapa kali sampai Anda mendapatkan sekumpulan putaran gula.
  5. Selanjutnya mulailah untuk membungkus gulali. Bungkus menggunakan plastik lalu ikat menggunakan tali sampai rapat.
Itulah tadi cara membuat gulali gula pasir sederhana yang sangat praktis untuk di praktekkan di rumah. Untuk warnanya bisa disesuaikan dengan selera Anda, begitu juga dengan bentuk gulalinya, Anda bisa memilih bentuk sesuka hati. Selain itu Anda juga bisa menambahkan perasa makanan seperti pasta apel, trawberry, melon, dan lainnya. Jika adonan gula dirasa lengket, Anda bisa menambahkan sagu pada proses pembuatannya, campurkan sagu dengan gula pasir lalu aduk sampai rata. selamat mencoba.




































Sumber:  https://www.sipendik.com/cara-membuat-gulali-gula-pasir-sederhana/


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wawancara Lingkungan

Wawancara Tentang Lingkungan Dalam Bahasa Jawa Narasumber  : Ibu Nur Naimah Pewawancara: Anastasya Yuni Ananda/05 , Cania Asfiana P/09 Cania             : Sugeng enjing bu , Kula bade nyuwun waktune damel enten       wawancara tentang lingkungan bersih. Narasumber : O ngge monggo Anastasya     : Nopo pendapat panjenengan menawi lingkungan ing   pawiyatan? Narasumber : Lingkungane wes resik amarga ana tukang kebun tapi kelase tasek rusu. Cania                      : Miturut panjenengan penting nopo mboten njaga lingkungan lan nopo alasan ? Narasumber : Penting banget amarga kebersihan uga pengaruh marang kesehatan. Anastasya     : Miturut panjenengan program nopo kang bisa di tumindakake? Narasumber : Program sing bisa di laksanakake yaiku program jum’at bersih lan bank sampah ing tpa sekolahan. Cania             : Sinten mung berperan ing kebersihan sekolah? Narasumber : Kabeh warga sekolah . Anastasya     : Dospundi carane nyadarake para warga sekolah? N

Resensi Dan Sinopsis Novel Koala Kumal

Sinopsisi Dan Resensi Novel Koala Kumal, Lengkap Dengan Unsur Intrinsik Sinopsis Novel Koala Kumal – Siapa yang tidak kenal raditya dika ? seorang penulis, pemain film, dan salah satu pencetus stand up comedy. karyanya yang satu ini sangat fenomenal di tahun 2015. Dengan gaya penulisan yang khas serta tema dan amanat yang ada dalam ceritanya sangat mengena.  Indramayu Remaja Dalam artikel ini akan dibahas tentang secara padat tentang sinopsis novel koala kumal dan unsur intrinsik di dalam novel tersebut secara lengkap. Baiklah langsung saja simak sinopsis novel koala kumal. Identitas Novel Koala Kumal lapakmedancom Judul : Koala Kumal Pengarang : Raditya Dika Tanggal terbit : jakarta, 17-januari-2015 Cetakan ke : Dua Penerbit : Gagas Media Harga : Rp. 59.500 Tebal halaman : 247 halaman Banyak Bab : 13 Resensi Novel Kuala Kumal 21cineplex.com Suatu ketika ada seorang pria yang bernama dika, dia memiliki pacar yang bernama andrea. Sebentar lagi Dika dan An

Contoh teks ulasan , Ayah karya Andrea Hirata

Identitas                    : Novel Ayah Judul                         : Ayah Penulis                       : Andrea Hirata Penerbit                     : Bentang Kota Tempat Terbit  : Jl Plemburan No.1    Pogung Lor, Sleman, Yogyakarta Tahun Terbit              : Cetakan 4, 2015 Tebal halaman           : 392 halaman Perjuangan Sabari     Ayah adalah salah satu nove karya Andrea Hirata (karya ke 9). Novel ini menceritakan tentang perjuanga Sabari dalam memikat hati cinta pertamanya dan juga kerinduannya pada anak angkatnya Zorro. Tokoh lainnya yakni Marlena, Zorro,  Markoni, Ukun, Tamat, Toharun. Ada tokoh lain seperti Bogel leboy, Manikam, dan Jon Pijareli.     Singkat cerita, kisah ini terjadi di Belantik, Belitong Timur. Cerita ini dimulai ketika Sabari, Ukun, Tamat hendak mengikuti tes masuk SMA Negeri. Saat Sabari sudah selesai menjawab soal tes Marlena menconteknya dan pada saat itu Sabari mulai jatuh cinta pada sosok Marlena.     Dan cerita i